Saturday, July 28, 2012

  |   No comments   |  

Penutup Epik Legenda Kesatria Kelelawar

Judul                     : The Dark Knight
Sutradara            : Christopher Nolan
Naskah                 : Christoper Nolan, Jonathan Nolan
Pemeran             : Christian Bale, Tom Hardy,
                               Anne Hathaway, Gary Oldman, Joseph Gordon-Levitt, Micheal Cain
Tahun                   : July 2012
Durasi                   : 165 Menit
 Produksi              : Warner Bros

Pertunjukan 2 jam 45 menit yang begitu cepat, namun menghipnotis. Nolan benar-benar paham cara mensubtitusi akting luar biasa Heath Ledger di film sebelumnya. Menjadikan film penutup trilogi Batman ini sama spektakulernya.

Adegan laga di udara menjadi pembuka film. Di sebuah pesawat yang dipenuhi Agen Rahasia, Bane (Tom Hardy) tokoh antagonis bertopeng dengan otot mengilat dan tubuh besar, muncul. Tentu saja membuat kerusuhan. Oleh dialognya, Bane digambarkan sebagai orang yang menginginkan perhatian lebih. Ia dan pasukannya sengaja ingin meledakan Jembatan Gotham City dan memblokade kota.

Hal ini terjadi setelah delapan tahun Bruce Wayne (Christian Bale) melepas topeng Batman-nya sejak terakhir kali menghadapi teror Joker. Seperti dalam kisah Manusia Laba-Laba di film Spiderman 3, Manusia Kelelawar ini juga harus berhadapan dengan perasaan dilematisnya untuk tetap menjadi manusia biasa atau kembali mengenakan seragam superhero-nya. Alfred (Micheal Caine), asisten pribadi Wayne yang setia juga tak setuju dengan keputusan bosnya yang ingin bangkit melawan Bane. Namun, harus ada yang menghentikan Bane, dan Wayne tahu hanya dia yang bisa—maksudnya dirinya dalam seragam Batman.

 Tokoh Bane sendiri bukanlah tokoh yang asing dalam serial asli Batman karangan Komikus DC Comics, Bob Kane. Bane adalah tokoh asisten Ivy Poison dalam Film Batman and Robin.

 Konflik tak hanya muncul di sana. Di pertengahan rol diputar, muncul dua orang wanita yang terlibat ke dalam hidup Wayne secara mendadak. Ada Selina Kyle (Anne Hathaway) dan Miranda Tate (Marion Cotillard). Selina juga bukan tokoh baru. Dia adalah pencuri bertopeng yang berkelakuan bak kucing, yang juga muncul di film Batman and Robin. Sedangkan Miranda Tate adalah putri Ra's al Ghul, tokoh antagonis di Film pembuka, The Batman Begin.

 Perusahaan Wayne bangkrut karena Tate. Dan ia dipenjarakan oleh Bane, sedangkan penjahat itu menyiapkan sebuah bom untuk membumihanguskan Gotham City. Bom tersebut menjadikan Gotham kota yang terisolir. Namun, Wayne berhasil keluar dari penjara BlackGate dan menyelamatkan kota, meski ia harus terbunuh.

 Di akhir cerita, Batman diangkat sebagai pahlawan kota, dan Wayne dianggap tewas bersama kerusuhan yang ditimbulkan Bane. Nolan menutup film ini dengan adegan Alfred yang sedang menyaksikan Wayne dan Selina di sebuah cafe di Italia, sementara Blake (Joseph Gordon-Levitt), seorang polisi Gotham diwarisi Gua Kelelawar milik Batman.

 Nolan tak main-main dengan film penutup trilogi Batman ini. Setelah meraup keuntungan besar dan sejumlah penghargaan dari dua film sebelumnya, tentu saja Nolan benar-benar mempersiapkan kisah akhir si Manusia Kelelawar dengan cermat. Ia pilih aktor-aktor besar sekelas Anne Hathaway, Gary Oldman, Tom Hardy dan Joseph Gordon-Levitt untuk menemani aktor utamanya Christian Bale. Setidaknya, Nolan cermat dalam memilih pengganti Almarhum Heath Ledger yang berhasil memukau di film The Dark Knight, sebagai Joker.

 Nolan tampaknya juga sedang ingin membuat tren baru. Tidak terpengaruh dengan sutradara-sutrada lainnya yang sedang maruk menggunakan 3G, Nolan malah memilih menggunakan kamera  dengan teknologi IMAX. Hal ini benar-benar mengagumkan, terutama pada adegan saat gedung-gedung di Gotham mulai gemetar seperti gedung kembar WTC, 11 September. Alhasil, The Dark Knight Rises menjadi penutup ampuh trilogi Manusia Kelelawar.

 Sayangnya, Selina yang digambarkan Nolan masih terlalu “lembut” daripada tokoh aslinya. Nolan juga membiarkan Anne Hathaway menggunakan rambut panjangnya di balik topeng Cat Woman. Hal ini agak mengaburkan tokoh Selina yang sudah kuat selama ini, yakni gadis liar dengan tingkah nakal kucing.

0 comments :

Post a Comment